Rabu, 13 April 2016

SYAIKH TAISIR ISMAIL ROMADHON DAN PP. AL-ANWAR 3 SARANG



SYAIKH TAISIR ISMAIL ROMADHON
DAN PP. AL-ANWAR 3 SARANG
Oleh: Qurrata’ayun


              Foto Dr. Taisir, Dubai (UEA) dan KH. A. Wafi Maimoen, Lc
Sarang merupakan kawasan daerah yang cukup terkenal. Tidak lain karena daerah yang merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Rembang Jawa Tengah itu telah terbukti melahirkan banyak ulama besar, salah satunya yaitu Syaikh Maimoen Zubbair al Hajj. Hal yang menarik lainnya yaitu, Sarang lebih dikenal dibanding dengan kabupatennya itu sendiri, Rembang. Bahkan Sarang tidak hanya dikenal di daerah kepulauan-kepulauan yang ada di Indonesia saja, namun juga negara-negara Islam, seperti Arab, Mesir, Syam, Syiria dan masih banyak lainya. Demikian itu tidak lain karena adanya hubungan yang begitu erat antara ulama-ulama Sarang dengan ulama-ulama Timur Tengah.
Berkali-kali Sarang di datangan ulama besar dari Timur Tengah. Pada kali ini, bertepatan hari Rabo, 13 April 2016 setelah jama’ah shalat Dzuhur, Sarang kedatangan tamu agung ya’ni, Dr. Taisir Ismail Romadhon dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yang bertempat di PP. al-Anwar 3 Sarang. Kedatangan Syaikh Taisir kali ini bukanlah kedatangan yang pertama kalinya, namun sudah beberapa kali. Tepat sebelum datangnya Syaikh Taisir kali ini, Sarang juga kedatangan ulama besar yaitu DR. Taufiq Romadhon al-Buty (putra Syaikh Romadhon al-Buty) Ketua Persatuan Ulama Syam, ketika itu bertempat di PP. al-Anwar 1.
Kedatangannya kali ini, ada beberapa pesan yang disampaikan Syaikh Taisir kepada para ustadz dan semua santri. Adapun dalam kesempatan ini yang menjadi tarjim (penerjemah) adalah KH. Najib Buchori Lc yang ditunjuk langsung oleh KH. A. Wafi Maimoen (putra KH. Maimoen Zubbair Sarang). Pesan yang disampaikan di antaranya:
Hendaknya selalu bersyukur dapat mencari ilmu di pondok pesantren seperti ini, karena sistem belajar yang seperti inilah yang paling bisa mendatangkan keberkahan dari Allah. Ulama-ulama dahulu tidak ada yang belajar dengan cara seperti zaman sekarang ini, menggunakan komputer, dan lain sebagainya. Selain itu, setiap mereka akan tidur kitab mereka di taruh di atas kepalanya, hal tersebut dilakukan agar setiap akan tidur dan sebangun dari tidurnya mereka dapat mempelajarinya. Maka dari itu, mereka dapat menulis kitab-kitab yang sampai sekarang membawa keberkahan, yang dapat kita pelajari sampai hari ini. Beliau juga berpesan, betapa pentingnya seorang murid menghormati gurunya. Hendaknya kita selalu menghormati guru-guru kita sebagaimana kita menghormati  Rasulullah. Insyaallah guru-guru yang ada di sini adalah guru-guru yang baik. Setelah itu, beliau juga menjelaskan betapa pentingnya mencari ilmu. Di tengah-tengah penjelasanya itu, beliau membacakan salah satu ayat al-Qur`an:
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
”Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat ”
Di jaman modern dan serba canggih ini, hendaknya kita lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Terutama pada jaringn internet. Jangan sampai memanfaatkanya untuk hal-hal yang tidak baik, apalagi menggunakannya untuk hal radikalisme seperti halnya ISIS dan lain sebagainya. Selain itu, beliau juga berpesan dan memberikan dorongan kepada semua santri agar menghafal al-Qur`an. Beliau mendoakan kepada semua santri, semoga dapat menghafal al-Qur`an dan kelak dimasukkan ke dalam Surga. Dan semoga dengan tahfidzul Qur`an tersebut, Allah menciptakan sebuah Mahkota indah di dalam Surga untuk kedua orang tuanya. Semoga Allah meridhainya,,,amin,,,! 
Seperti itulah di antara pesan yang di sampaikan oleh Syaikh Taisir Ismail Romadhon dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Semoga kita dapat mengamalkan pesan-pesan tersebut dan mendapat Ridha dari Allah. Amin….

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar